Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak di Surabaya

5/5 - (3 votes)

Sudah saatnya Anda taat Pajak mulai dari sekarang! Sebagai warga negara yang baik, Anda sudah seharusnya untuk selalu taat untuk membayar pajak. Hal ini menunjukan jika Anda bertanggung jawab terhadap perekonomian, pajak menjadi salah satu elemen penting.

Untuk melaksanakan wajib pajak, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Mulai dari proses pembayaran, dokumen yang dibutuhkan, dan tata cara pembayaran. Jika memang Anda tidak memilki banyak waktu ataupun kurang memahami, saat ini sudah ada penyedia jasa konsultan Pajak Surabaya.

Konsultan pajak merupakan orang atau badan yang telah memiliki ijin oleh peraturan perundang-undangan untuk memberikan jasa konsultasi perpajakan secara profesional kepada wajib pajak.

Adanya penyedia konsultan pajak ini tentu bertujuan untuk mempermudah pihak wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya.

Tak jarang beberapa orang yang masih belum sepenuhnya mengetahui proses wajib pajak, mungkin juga Anda salah satunya. Karena itu, menggunakan jasa konsultan pajak bukan suatu pilihan yang salah.

Namun, untuk memilih jasa konsultan pajak yang profesional, ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari lolos USKP, kompetensi konsultan pajak, dan hal lain yang mempengaruhi kelancaran proses wajib pajak.

Terlebih lagi bagi pemilik perusahaan-perusahaan yang sudah berdiri dan berkembang pesat, pajak merupakan salah satu elemen penting dalam proses administrasi yang wajib untuk dituntaskan.

Khusunya bagi Anda yang berada di wilayah Surabaya, banyak sekali jasa konsultan pajak, tapi tentu tidak semuanya memiliki kredibilitas yang baik.

Karena itu, dibawah ini kami akan memberikan tips memilih jasa konsultan pajak Surabaya profesional agar Anda tidak salah pilih jasa dan menemukan jasa yang tepat.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak di Surabaya

1. Pilihlah Jasa Konsultan Pajak yang Bersertifikasi

Tips memilih jasa konsultan pajak Surabaya yang pertama adalah memilih jasa yang memiliki legalitas yang jelas. Perlu Anda ketahui, jika untuk mendirikan jasa konsultan pajak harus lolos USKP. USKP atau singkatan dari Ujian Sertifikasi Konsultasi Pajak merupakan salah satu bukti jika orang atau badan itu layak digunakan.

USKP ini pun memiliki jenjang sesuai dengan materi yang diampunya. Anda bisa mempertanyakan sertifikatnya sebelum menggunakan jasa itu.

Selain itu,ada juga beberapa sertifikasi yang dimiliki sebagai bukti jika konsultan pajak itu profesional. Biasanya berasal dari brevet pajak, atau sekolah tinggi perpajakan.

Hal ini tentu penting untuk Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan jasa konsultan pajak agar tidak salah pilih.

2. Cari tahu Track Record Konsultan Pajak

Jika Anda ingin mencari jasa konsultan pajak yang tepat, Anda perlu mencari tahu track record jasa yang akan Anda pilih. Artinya, carilah jasa yang benar-benar sudah terbukti aman dan legal.

Cari tahu dahulu informasi jasa yang akan Anda gunakan dari perjalanannya menangani klien. Jika memang jasa itu memiliki indikasi kecurangan dan melakukan tindakan ilegal tentu Anda jangan menggunakannya.

Jasa yang profesional biasanya tidak akan pernah melakukan tindakan-tindakan yang melanggar perundang-undangan. Karena hal ini akan menimbulkan resiko yang tinggi. ditambah lagi dengan sanksi yang harus ditanggung.

Jadi, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu track record konsultan pajak yang akan Anda gunakan agar tidak memberikan dampak buruk bagi Anda.

3. Pililah Jasa yang Memiliki Ijin Praktik

Tips memilih jasa konsultan pajak Surabaya selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah terkait ijin praktik jasa atau badan itu.

Konsultan pajak harus memiliki ijin praktik dari Dirjen Pajak. Ijin ini pun hanya berlaku 2 tahun setelah diterbitkannya. Hal ini menunjukan jika konsultan pajak harus selalu memperbarui tentang ijin praktiknya.

Karena ijin praktik ini juga menunjukan  jika konsultan pajak itu diawasi dan legal oleh Direktorak Jenderal Pajak agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar perundang-undangan.

4. Pilihlah Jasa yang Memiliki Akuntanbilitas

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan untuk memilih jasa konsultan pajak Surabaya adalah memiliki akuntanbilitas. Konsultan pajak yang Anda gunakan harus memiliki komitmen dan bertanggungjawab terhadap persoalan klien.

Artinya, mereka akan menjaga privasi klien dan berusaha bertanggungjawab penuh dengan apa yang terjadi pada kliennya.

Konsultan pajak yang baik bukan hanya sekedar memberikan laporan keuangan fiskal saja, namun juga tentang perencanaan pajak kedepan.

Dalam hal ini yang menjadi kunci adalah kepercayaan, jika jasa itu memang dapat dipercaya tentu akan menguntungkan bagi Anda namun jika tidak lebih baik untuk mencari jasa yang lain.

Banyak sekali tentunya saat ini jasa yang tidak memiliki akuntanbiltas, Anda harus lebih wasapda dengan hal itu karena akan merugikan.

5. Memiliki Etos Kerja yang Baik

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk memilih jasa konsultan pajak Surabaya yang baik adalah dengan memperhatikan etos kerjanya.

Jika memang konsultan pajak itu telah profesional pastinya tidak akan mengcewakan Anda. Hal ini tentu dapat dilihat dari bagaimana cara memperlakukan kliennya.

Konsultan pajak yang baik harus memahami apa yang sedang dialami klien dengan cepat dan segera menemukan solusinya.

Dan yang pasti selalu taat perundang-undangan. Dengan begitu, klien juga akan merasa aman dan tidak memiliki resiko yang buruk.

6. Pilihlah Konsultan Pajak yang Jujur

Selain itu, konsultan pajak yang akan Anda gunakan haruslah jujur. Jujur merupakan kunci keberhasilan dalam membangun jasa.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan konsultan pajak, usahakan mencari yang jujur dan dapat dipercaya. Anda bisa menanyakan pada orang-orang terdekat Anda, kolega Anda, atau siapapun yang sebelumnya pernah menggunakan konsultan pajak itu.

Tanyakan pada mereka bagaimana kinerja dalam menangani permasalahan kliennya. Jika memang jujur dan dapat memberikan jaminan kepercayaan bagai kliennya, Anda bisa menggunakannya.

Inilah yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jasa konsultan pajak yang akan Anda gunakan.

Selain itu, konsultan pajak yang baik biasanya sangat mengerti tentang permasalahan yang dihadapi perorangan ataupun badan.

Kemampuan yang harus dimiliki seorang konsultan pajak haruslah lebih baik dan benar-benar profesional. Mulai dari wawasan usaha yang sedang dijalankan perusahaan, keterbaruan dalam informamsi pajak, dan juga harus komunikatif.

Kemampuan seperti inilah yang nantinya akan membuat proses penanganan masalah pajak Anda lebih cepat terselesaikan.

Tinggalkan komentar

error: