8 Hal yang Perlu Diketahui saat Mengurus SPT Tahunan

5/5 - (4 votes)

SPT Tahunan merupakan Surat Pemberitahuan yang dibuat dan disampaikan wajib pajak kepada KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terkait rincian perhitungan dan pembayaran pajak dalam satu tahun pajak.

Untuk melakukan pelaporan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pembayaran pajak dalam satu tahun.

Meskipun Anda sudah menggunakan jasa konsultan pajak Yogyakarta, setidaknya Anda juga mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan dipersiapkan dalam pelaporan ini. Antara lain:

 1. Jumlah Pajak Terutang

Salah satu hal yang perlu diketahui wajib pajak saat melakukan pelaporan SPT adalah jumlah pajak terutang atas usaha yang dimiliki.

Pajak terutang ini berkaitan dengan Pph (Pajak penghasilan) pribadi dan pajak Pengahsilan Badan yang ada ddan dibayarkan setiap tahunnya.

Jumlah ini nantinya akan mempengaruhi pelaporan pajak, dengan menggunakan jasa konsultan pajak akan membantu Anda dalam menghitung jumlah pajak terutang.

2. Membuat Surat Perpanjangan SPT

Ketika Anda meminta bantuan layanan jasa konsultan pajak untuk melapor SPT Tahunan Anda, lebih baik Anda meminta Surat Perpanjangan SPT kepada kantor pelayanan Pajak (KPP) sebelum SPT Tahunan berakhir.

Adanya pembuatan surat perpanjangan SPT ini akan mempermudah dalam mengurusi pembayaran pajak yang dibebankan.

Terlihat repot? Tidak, hal ini sebenarnya justru tentu akan mempermudah Anda saat melakukan laporan SPT Tahunan.

3. Tunjukan Laporan Keuangan Sementara

Setiap wajib pajak yang menggunakan jasa konsultan pajak memiliki kewajiban untuk menunjukan laporan keuangan bersifat sementara.

Laporan keuangan yang telah diserahkan kepada jasa konsultan pajak ini akan berfungsi dan dimanfaatkan untuk mendapatkan surat perpanjangan pelaporan SPT Perusahaan.

Selain itu, laporan keuangan ini juga akan memberikan keuntungan untuk melihat perkembangan usaha yang sedang dijalankan.

4. Memiliki Alasan untuk Perpanjangan Pajak

Saat Anda ingin melaporkan SPT Tahunan kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP), maka yang perlu harus Anda persiapkan yaitu memberikan alasan terkait perpanjangan SPT.

Pada nantinya Anda juga akan diminta untuk menjalaskan mengapa Anda memperpanjang SPT Tahunan itu.

Berikan alasan-alasan yang logis atau masuk akal ketika ditanyai oleh petugas pajak. Alasan ini akan memperkuat pelaporan SPT Tahunan dikabulkan,

Permintaan perpanjangan SPT ini perlu dilakukan sebagai syarat pelaporan SPT Tahunan Anda.

5. Lampirkan SSP

SSP adalah Surat Setoran Pajak, SSP atau yang saat ini lebih dikenal dengan Surat Setoran perlu Anda persiapkan sebelum laporan SPT Tahunan.

Surat setoran ini didalamnya memuat tentang jenis pajak apa yang akan Anda bayarkan atau laporkan.

Jika ada surat lainnya yang berhubungan dengan pelaporan pajak lainya, maka Anda juga perlu melampirkannya.

6. Lampirkan Pajak Penghasilan (PPh)

Pada proses lapor SPT Tahunan, Anda juga melampirkan Pajak Penghasilan Badan yang bersifat terutang yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh jasa konsultan pajak.

Karena salah satu persyaratan pelaporan SPT Tahunan adalah terbebas dari paja terutang, maka Anda wajib hukumnya untuk membereskan atau melunasi pajak yang terutang oleh badan usaha Anda.

Hal ini akan mempermudah Anda saat melaporkan pajak kedepannya atau saat ingin mengurus perpajakan lainnya.

7. Beritahu tentang Kondisi Badan Usaha yang Dijalankan

Setiap wajib pajak yang bekerjasama dengan jasa konsultan pajak memilki kewajiban untuk memberitahu kondisi sejujurnya terkait badan usaha yang dijalankan.

Hal ini akan mempermudah penyelesaian masalah perpajakan yang sedang diaalami oleh badan usaha Anda.

Tidak perlu khawatir tentang privasi perusahaan, jasa konsultan pajak profesional akan dapat dipercaya untuk mengurus dan mengatur permasalahan pajak yang sedang dialami.

8. Laporan Kerjasama yang Terjalin

Terakhir, yang perlu Anda tahu untuk melakukan laporan SPT Tahunan yaitu dengan melaporkan kerjasama yang telah terjalin selama badan usaha berlangsung.

Anda perlu menjelaskan dan memberikan daftar perusahaan yang telah terjalin. Dengan begitu, petugas akan lebih mudah dalam menganalisis dan menangani permasalahan pajak yang sedang dihadapi.

Jasa Lapor SPT Tahunan Yogyakarta, Trust Tax Consultant

Ingin lapor SPT tahunan, tapi tidak tahu cara melakukannya? Tidak perlu cemas, Trusttax Consultant akan membantu Anda. Trusttax Consultant menyediakan layanan jasa lapor SPT tahunan Yogyakarta.

Seperti yang Anda ketahui, pelaporan SPT Tahunan menjadi sebuah kewajiban yang tidak dapat diabaikan dan tidak ada wajib pajak yang terbebas dari kewajiban lapor SPT tahunan.

Baik untuk SPT Badan Usaha atau Pribadi, laporan SPT tahunan Anda akan segera terselesaikan. Trusttax Consultant hadir untuk memberikan kemudahan dalam penyelesaian laporan SPT tahunan.

Saat ini benyak sekali jasa konsultan pajak Jogja yang memberikan layanan perpajakan, namun tentu tidak semua jasa itu dapat Anda gunakan.

Menggunakan konsultan pajak yang tidak profesional justru akan membuat perpajakan Anda bermasalah. Mengapa begitu?

Untuk menjadi konsultan pajak yang profesional dibutuhkan pemahaman perpajakan yang kompleks.

Karena itu, jika memang Anda membutuhkan layanan pelaporan pajak di Yogyakarta, Trust Tax Consultant akan membantu menyelesaikannya.

Apa yang Membuat Anda Harus Memilih Kami?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memilih kami dalam melakukan pelaporan SPT. Sebagai jasa konsultan pajak Yogyakarta yang profesional, kami memiliki keunggulan yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

1. Tepercaya

Anda tidak perlu khawatir tentang dokumen-dokumen yang diserahkan pada jasa konsultan pajak, Trust Tax Consultant selalu dapat dipercaya untuk menyelesaikan segala permasalah pajak Anda.

Baik untuk pajak badan usaha atau pribadi, kami selalu memberikan manfaat yang menguntungkan bagi Anda.

2. Konsultan Pajak Profesional

Tim konsultan pajak yang akan menangani masalah perpajakan Anda terdiri dari konsultan pajak yang profesional.

Anda tidak perlu lagi mengjhawatirkan soal tim kerja yang akan membantu Anda dalam memberikan solusi perpajakan, yang pasti Trust Tax Consultant selalu memberikan kemudahan.

3. Biaya yang Terjangkau

Menggunakan jasa konsultan pajak Trust Tax Consultant akan menghemat pengeluaran Anda. Mengapa? Kami selalu menawarkan harga yang terjangkau.

Layanan profesional kami tidak membuat tarif yang Anda keluarkan mahal, yang pasti akan sesuai dengan anggaran biaya perusahaan Anda.

4. Perencanaan Pajak Jangka Panjang

Anda tidak perlu khawatir tentang pelaksanaan pajak kedepannya, Trust Tax Consultant selalu mempertimbangkan perencanaan pajak dalam jangka panjang.

Dengan perencanaan jangkan panjang ini akan membuat perusahaan terbebas dari sanski pajak.  

Tinggalkan komentar